Festival Entrepreneur Pelajar, Dorong Pelajar SMP Banyuwangi Jadi Wirausaha Kreatif

    Festival Entrepreneur Pelajar, Dorong Pelajar SMP Banyuwangi Jadi Wirausaha Kreatif
    Festival Entrepreneur Pelajar tingkat SMP/Sederajat se Kabupaten Banyuwangi

    BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menggelar Festival Entrepreneur Pelajar untuk para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Creative Hub Taman Blambangan, Banyuwangi, Minggu (24/09/2023). Festival ini bertujuan untuk merangsang jiwa kewirausahaan para pelajar dan memberdayakan masyarakat luas.

    Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, berharap festival ini dapat melahirkan generasi muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki jiwa wirausaha. "Semoga nanti akan melahirkan jiwa-jiwa wirausaha yang memberdayakan. Baik bagi penemunya sendiri, maupun bagi masyarakat luas, " ujar Bupati Ipuk.

    Dalam festival tersebut, para pelajar SMP/MTs se Banyuwangi menampilkan berbagai kreasi produk yang menarik. Ada yang membuat lukisan kaca, sepatu lukis, batik jumputan, aneka buket snack, dan lainnya. Bupati Ipuk mengaku takjub dan bangga dengan kreativitas para pelajar tersebut.

    Menurut Bupati Ipuk, jiwa kewirausahaan perlu diasah sejak dini dan distorsi yang terjadi saat ini memberikan peluang baru yang bisa digali oleh para entrepreneur. "Festival ini tidak sekadar ajang pameran, tapi sebetulnya ini mendorong tumbuhnya jiwa entrepreneur yang bisa siswa kembangkan kelak, " tambah Ipuk.

    Melalui Festival Entrepreneur Pelajar, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi ingin mengajarkan para peserta didik untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif. Pendekatan ini diharapkan dapat melahirkan para pelajar yang memiliki semangat inventor dan mampu menguasai sains sekaligus memiliki jiwa entrepreneur.

    "Sehingga nanti para peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan permasalah dengan cara yang kreatif, " ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno.

    Salah satu pelajar yang turut berkarya dalam Festival Entrepreneur Pelajar adalah Osa Kirana, siswa kelas IX SMPN 2 Rogojampi. Ia menyajikan lukisan kaca yang menarik perhatian Bupati Ipuk saat berkeliling meninjau pameran. Osa Kirana menyampaikan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam acara ini dan bersemangat untuk terus mengembangkan kemampuan di bidang seni karya.

    Dengan adanya Festival Entrepreneur Pelajar ini, diharapkan para pelajar di banyuwangi mulai dini dapat melihat peluang baru dan mengembangkan potensi wirausaha yang dimiliki, sehingga kelak dapat menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan masyarakat luas.

    banyuwangi
    Hariyono

    Hariyono

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Ratusan Pelaku UMKM Hadiri Sosialisasi UMi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    HARLAH KE -1 ( IKATAN PENYULUH AGAMA REPUBLIK INDONESIA) IPARI 5 KECAMATAN DI LEBAK SELARAN ADAKAN SOSIAL BAKTI PUNGUT SAMPAH DI PANTAI PULO MANUK
    Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari Polres Purwakarta Berikan Edukasi Kamtibmas pada Komunitas Peternak Sapi
    Personel Korem 142/Tatag Laksanakan Garjas Usulan Kenaikan Pangkat

    Ikuti Kami